Perbedaan Losmen, Hostel, Motel, dan Hotel

Table of Contents

Memasuki masa libur akhir tahun atau hari raya, tentu saja banyak dari kita ingin berlibur bersama keluarga. Memasuki masa libur waktu bersama keluarga tidak akan cukup jika kita tidak menikmati semua apa yang akan kita lakukan. Salah satu hal yang paling penting dalam menikmati waktu bersama keluarga adalah dengan memilih tempat liburan dan tempat istirahat.


Ada banyak jenis tempat penginapan, seperti Losmen, Hostel, Motel, Hotel yang sering kita dengar. Tapi apakah kalian tahu apa perbedaan antara Losmen, Hostel, Motel, dan Hotel ?


Untuk menjawab pertanyaan ini, segalaserbaserbi akan memberikan penjelasannya untuk kalian.


Losmen, Hostel, Motel, dan Hotel merupakan macam layanan penginapan yang tersedia di Indonesia. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan, bahkan bagi kita pun, terkadang memilih kekurangan atau kelebihan sebagai faktor dalam menentukan pilihan kita.


Secara umum, biasanya kita akan memilih kategori penginapan berdasarkan fasilitasnya. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara losmen, hostel, motel, dan hotel.


Agar kita tidak salah dalam memilih pengeinapan, sebaiknya kita mengetahui perbedaan antara losmen, hostel, motel, dan hotel berikut ini.



1. Losmen

Losmen sering dianggap sama seperti hotel melati. Tapi tentu saja memiliki perbedaan. Losmen adalah jenis penginapan low budget yang terdiri dari ruangan yang tak terlalu luas dengan satu tempat tidur. Sedangkan hotel melati masih memiliki ciri khas dari hotel, seperti adanya TV dan AC.


Kelebihan dari Losmen adalah memiliki harga sewa yang terbilang murah, biasanya berkisar Rp 100.000,- ( seratus ribuan ) bahkan bisa kurang dari seratus ribu.


Umumnya Losmen sering digunakan dipakai backpacker yang enggan mencari hotel, bisa dibilang, losmen seperti kos-kosan yang disewakan per hari.



2 Hostel

Hostel adalah penginapan sederhana dan cukup banyak dapat kita temukan. Umumnya hotel terdiri dari ranjang susun seperti di asrama, dan para tamu tidak menyewa kamar, melainkan tempat tidur.


Hostel cocok menjadi pilihan, jika Kita ingin pergi beramai-ramai dengan teman lama dan tidak ingin terpisah kamar. Keunggulan dari Hostel adalah, kita dapat menghemat uang dan dapat membuat percakapan curhat malaman. Hahahah....


Dari segi bentuknya, hostel dalam satu ruangan terisi dengan beberapa ranjang susun, dan dengan pendingin ruangan dan sebagainya.


Fasilitas pribadi di hostel tidaklah banyak, tetapi soal fasilitas sosial terbilang lebih banyak dibanding hotel.


Hostel bisa kita temukan di kota maupun dekat destinasi wisata outdoor.



3 Motel

Motel adalah kepanjangan dari motor hotel. Sebutan ini diberikan karena lokasi motel yang cenderung berada di tepi jalan raya.


Biasanya motel terdiri dari satu lantai, dan memiliki akses parkir yang terbilang cepat karena dekat jalan raya. Karena lokasinya yang dekat dengan jalan raya, tidak mengherankan jika motel sering dijadikan sebagai tempat singgah sopir atau orang yang lelah setelah bepergian karena kemudahan aksesnya.


Motel umumnya cukup jarang dapat kita temui. Meskipun begitu, motel termasuk dalam tempat menginap yang cukup nyaman dan memiliki tawaran harga yang cukup murah.



4 Hotel

Hotel adalah jenis penginapan yang paling umum, banyak dan mudah ditemukan di masyarakat. Hotel terkenal dengan fasilitas yang terbilang mewah, dan ada juga yang sangat mewah. Tingkat kemewahan dari hotel dapat kita lihat dari jenis bintangnya, biasanya dari bintang satu hingga lima.


Umumnya hotel merupakan bangunan besar yang terdiri dari banyak kamar. Jenis-jenis kamar pun digolongkan lagi berdasarkan pelayanan dan standar tertentu. Jika Kalian sangat mementingkan privasi serta kenyamanan pribadi, Hotel merupakan pilihan yang tepat disini.


Jika Kalian memesan kamar hotel, kalian tidak hanya menyewa kamar, melainkan fasilitas di dalamnya, pelayanan, serta makanan. Dikarenakan hal tersebut, maka harga sewa hotel terlihat agak mahal.



5 Jenis Penginapan Lain

Selain ke-empat jenis penginapan di atas, masih banyak jenis penginapan lain yang dapat kalian temukan di Indonesia. Diantaranya seperti.
  • Homestay
    Homestay biasanya digunakan oleh wisatawan dalam rombongan yang tidak terlalu besar, seperti keluarga atau kelompok mahasiswa. Homestay menawarkan fasilitas seperti rumah pribadi pada umunya. Termasuk, jika ada, tempat gym, kolam renang, area bermain anak, dan sebagainya.
  • Resort
    Resort adalah bentuk pengembangan dari hotel. Resort menawarkan fasilitas pendukung yang lebih lengkap, seperti ruang terbuka dengan nuansa rekreatif, pantai pribadi, serta tempat santai.
  • Guest House
    Guest House menyerupai homestay. Guest house sering disebut sebagai rumah pribadi yang disewakan. Bedanya dengan homestay adalah pemilik guest house menyewakan beberapa ruangan saja dan mereka tinggal di rumah tersebut untuk melayani tamu. Kamar di guest house biasanya didesain seperti hotel, meski ada beberapa yang mirip dengan hostel. Harga sewa guest house relatif murah dibanding hotel.
  • Villa
    Villa adalah bangunan rumah besar atau sangat besar yang disewakan. Umumnya villa berlokasi di tempat yang tenang dan dibangun di dekat wisata alam, seperti pantai, pegunungan, atau air terjun. Jika Kalian mencari penginapan dengan nuansa ketenangan dan suasana intimate, Villa dapat menjadi pilihan yang tepat.
  • Suites
    Suites memiliki beberapa ruangan mewah yang disewakan bersama dengan kamar dan fasilitasnya, karena fasilitasnya juga termasuk, maka sudah pasti harga sewa suites bisa dibilang cukup tinggi.
  • Inn
    Inn ini cukup jarang dapat ditemukan di Indonesia. Inn adalah bentuk penginapan yang peralihan dari losmen dan hotel. Artinya, inn memiliki fasilitas seperti hotel, tetapi memiliki ukuran bangunan seperti losmen, atau bisa disebut inn adalah hotel mini.