Ikatan Kimia

Table of Contents

Ikatan Kimia

Kalian pasti pernah mendengar istilah ikatan kimia. Pada umumnya unsur-unsur yang kita jumpai tidak dalam keadaan bebas kecuali pada suhu tinggi. Unsur-unsur yang kita lihat adalah suatu kelompok-kelompok atom yang disebut sebagai molekul. Oleh karena itu kelompok-kelompok atom atau molekul merupakan keadaan yang lebih stabil dibanding unsur-unsur dalam keadaan bebas.



Bagaimana Proses Terbentuknya Ikatan Kimia

Proses terbentuknya ikatan kimia antara dua atom atau lebih yang saling berinteraksi dan membentuk molekul. Hubungan ini selalu disertai dengan pelepasan energi, sedangkan gaya-gaya yang menahan atom-atom dalam molekul adalah suatu ikatan yang dinamakan ikatan kimia. Ikatan kimia terbentuk melalui keinginan unsur-unsur untuk memiliki struktur elektron yang stabil.


Struktur elektron stabil yang dimaksud adalah struktur elektron gas mulia (Golongan VIIIA)

Tabel Struktur Elektron Gas Mulia
Unsur Nomor atom K L M N O P
He 2
Ne 10 2 8
Ar 18 2 8 8
Kr 36 2 8 18 8
Xe 54 2 8 18 18 8
Rn 86 2 8 18 32 18 8

Ada juga istilah kaidah atom, yaitu adalah kecenderungan atom-atom untuk memiliki struktur atau konfigurasi elektron seperti atau menyerupai gas mulia atau memiliki 8 elektron pada kulit terluar. Disamping itu atom-atom yang memiliki kecenderungan untuk memiliki konfigurasi elektron seperti gas helium disebut sebagai kaidah duplet. Untuk dapat mencapai struktur elektron seperti gas mulia, antar unsur mengadakan hal-hal berikut.


  1. Perpindahan elektron dari satu atom ke atom lain dalam proses serah terima elektron
    Atom yang melepas elektron akan membentuk ion positif (+), sedangkan atom yang menerima elektron akan berubah menjadi ion negatif (-), sehingga terjadilah gaya elektrostatik atau gaya tarik-menarik antara kedua ion yang berbeda muatan. Ikatan ini dikenal sebagai ikatan ion.
  2. Pemakaian secara bersama pasangan elektron oleh dua atom untuk terbentuk ikatan kovalen. Selain itu, dikenal juga adanya ikatan lain seperti:
    1. Ikatan logam
    2. Ikatan hidrogen
    3. Ikatan Van der Waals

Baca juga: Jenis-jenis ikatan kimia