Perbedaan Blogspot dan Wordpress

Table of Contents

perbedaan blogspot dan wordpress
Wordpress dan Blogspot merupakan website hosting gratis yang dapat dengan mudah kita temukan dan daftar di Internet. Website hosting ini secara umum berbeda. Perbedaan dari kedua website hosting ini ada yang menjadi keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sebelum membahas lebih jauh, tentu kita harus tahu terlebih dahulu apa itu website hosting.


Apa itu website hosting

Website hosting merupakan suatu website penyedia layanan, untuk menhosting website milik kita. Jika kita ingin memiliki website, kita cenderung memilih website yang sesuai dengan kebutuhan kita.


Macam-macam website hosting

Jika kita ingin mencari website hosting gratis. Kita dapat menemukan banyak di Internet. Namun disayangkan bahwa tidak semua website hosting memiliki performa yang bagus, oleh karena performa website hosting gratis yang disebut kurang bagus, maka hampir semua perusahaan memutuskan untuk menhosting website mereka secara manual, mulai dari membeli komputer server, membeli nama domain, dan sebagainya.


Tapi tidak semua perusahaan mampu membeli server hosting sendiri, karena biaya yang dikeluarkan terbilang tidak murah. Oleh karena itu biasanya akan dicari alternatif lain hosting gratis yang dapat memberikan performa yang baik.

Perbedaan Blogspot dan Wordpress

Beberapa website hosting yang paling banyak peminat-nya adalah Blogspot dan Wordpress.


Blogspot merupakan website hosting milik google dan sudah lama ada, sehingga sebagian besar sudah sangat mempercayai web hosting ini, namun disayangkan website hosting ini masih terdapat kekurangan dalam hal yang dapat dilakukan. Hal ini dikarenakan Blogspot menggunakan file xml yang mengharuskan bahwa web hosting ini tidak dapat melakukan pemrosesan yang kompleks dan tidak cocok untuk website ecommerce tapi sangat cocok untuk website berita. Berbeda dengan persaingan-nya Wordpress yang mendukung bahasa pemrograman php, sehingga memungkinkan untuk melakukan oprasi aritmatika yang lebih kompleks bahkan mendukung database mysql atau mariadb sehingga cocok untuk website ecommerce.

Karakteristik Blogspot

Blogspot sebagai web hosting gratis milik google tentu memiliki beberapa karakteristik. Berikut ini beberapa karakteristik dari Blogspot.


Blogspot

Karakteristik blogspot adalah
  1. Memiliki server hosting milik google
Karena merupakan web hosting milik google, maka Blogspot cenderung menjadi kepercayaan bagi sebagian orang yang baru pertama ingin memasuki dunia website.

  • Bahasa pemrograman html atau html5, css atau css3, javascript, dan jquery

  • Seperti halnya website hosting lainnya. Blogspot juga menggunakan beberapa bahasa pemrograman, diantaranya adalah html atau html5 yang terbaru, lalu css atau css3 yang terbaru, jquery, dan javascript. Semua bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan dalam Blogspot.

  • Nama domain milik google

  • Nama domain umumnya milik google, tapi kita tidak perlu cemas, kita dapat mengganti nama domain yang kita beli ke dalam Blogspot. Hal ini dapat membantu membuat blog kita terlihat lebih profesional. Namun jika kita tidak atau belum mampu membeli nama domain, kita dapat menggunakan nama domain Blogspot ini terlebih dahulu. Namun ada juga keuntungan dari menggunakan nama domain Blogspot dan berbayar.

  • Mudah dikelolah

  • Secara umum Blogspot sangat mudah untuk dikelolah, kita tidak perlu cemas jika server google down sehingga tidak dapat mengakses blog milik kita. Selain itu domain Blogspot sudah dilengkapi dengan https () jadi dapat dipastikan protokol-nya aman dan terenkripsi.

  • Tidak perlu menginstall aplikasi

  • Blogspot tidak memiliki aplikasi luar atau biasa lebih dikenal dengan plugin. Jadi Blogspot murni menggunakan jquery atau javascript untuk melakukan pemrograman.

  • Cocok untuk website artikel atau berita

  • Seperti yang kita ketahui Blogspot merupakan layanan gratis milik google yang belum mendukung bahasa pemrograman seperti php, sehingga Blogspot cenderung digunakan untuk website pribadi, website artikel, dan website berita.


    Berdasarkan penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa Blogspot juga memiliki keuntungan dan kekurangan, yaitu:
    Keuntungan Blogspot
    Yang menjadi keunggulan dari Blogspot karena merupakan layanan gratis, mudah dioperasikan, server stabil tidak mudah mengalami gangguan, jaringan aman terenkripsi dengan https.


    Kekurangan Blogspot
    Kelemahan dari Blogspot adalah fiturnya terbatas karena tidak dapat melakukan aritmatik yang lebih kompleks.


    Karakteristik Wordpress
    Worpress juga merupakan layanan gratis, bahkan fitur yang diberikan termasuk sangat kompleks, hal ini dikarenakan worpress mendukung bahasa pemrograman php.
    Wordpress
    1. Memiliki server hosting milik worpress sendiri
    Berbeda dengan Blogspot, Wordpress memiliki web hosting terpisah dari google. Hal ini biasanya dijadikan pertimbangan jika ada gangguan bagaikan cara memaintanancenya. Namun karena webhosting ini yang bukan merupakan milik google, penyedia web hosting ini memberikan fitur yang terbilang canggih. Kita dapat menginstall web panel nya secara langsung melalui website hosting Wordpress dan terbilang cukup aman. Karena aplikasi panel yang disediakan langsung dari server Wordpress.

  • Nama domain milik Wordpress.

  • Nama domain milik worpress, hal ini kurang lebih sama seperti Blogspot. Jika kita merasa kurang sesuai dengan domain worpress ini, kita dapat mengganti-nya dengan nama domain yang kita sudah beli.

  • Sulit dikelolah, biasanya memerlukan ahli pemrograman untuk mengelolahnya

  • Sebenarnya Wordpress tidak susah dikelolah, namun jika kalian ingin mempercantik atau menambahkan fitur-fitur pendukung maka biasanya kalian harus memerlukan kemampuan pemrograman. Selain itu ada juga pertimbangan dari Wordpress ini yang terbilang cukup memudahkan pengguna, seperti banyaknya plugin yang disediakan baik yang gratis maupun berbayar dan kita dapat melakukan pengembangan website Wordpress kita di laptop secara offline hanya dengan menginstall hosting local di laptop kita, seperti xampp, appserve, jomla dan masih banyak lagi.

  • Memilikin banyak plugin yang perlu di Install

  • Worpress memiliki banyak sekali plugin baik gratis maupun berbayar. Kita dapat menggunakan plugin tersebut dengan menginstall langsung pada Wordpress kita, beberapa plugin yang harus di Install termasuk untuk mengganti icon website kita. Jadi untuk mengoptimalkan Wordpress kita, kita hanya perlu menginstall plugin-plugin yang tersedia di Wordpress.

  • Dapat digunakan sebagai website toko online karena menggunakan bahasa pemrograman PHP.

  • Wordpress merupakan layanan gratis yang banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan worpress mengfunakan bahasa pemrograman php yang dapat membantu untuk melakukan operasi aritmatik yang kompleks sehingga memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin membuat website toko online sendiri dapat menggunakan Wordpress ini.


    Berdasarkan penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa Wordpress juga memiliki keuntungan dan kekurangan, yaitu:

    Keuntungan Wordpress
    Keunggulan dari worpress adalah fiturnya dapat kita kembangkan lebih jauh, karena menggunakan bahasa pemrograman php dan dapat menggunakan database mysql.
    Kekurangan Wordpress
    Butuh pemeliharaan yang lebih khusus