Widget HTML #1

Golongan Pembeli dan Penjual Berdasarkan Daya Beli Masyarakat

Sebelumnya kita telah mengenal bahwa pembeli dan penjual termasuk dalam kategori pelaku kegiatan Ekonomi. Secara umum interaksi antara pembeli dan penjual bertujuan untuk melakukan pembentukan harga yang subjektif untuk menentukan akan melakukan pembelian atau penjualan.

Proses penentuan harga antar penjual dan pembeli sering disebut sebagai kesepakatan harga pasar. Harga pasar menjadi pedoman bagi produsen apakah akan menjual barang produksinya atau. Jika biaya produksi lebih tinggi dari harga pasar, produsen cenderung memilih untuk tidak menjual barangnya.


Golongan Pembeli

Ditinjau dari daya beli yang dimiliki masyarakat, maka golongan pembeli dapat dikategorikan menjadi beberapa, sebagai berikut:

Pembeli Supermarginal

Pembeli supermarginal adalah pembeli yang memiliki daya beli di atas harga pasar. Pembeli tersebut mendapatkan premi konsumen.

Pembeli Marginal (batas)

Pembeli marginal adalah pembeli yang daya beli-nya sama dengan harga pasar.

Pembeli Submarginal

Pembeli submarginal adalah pembeli yang daya beli-nya berada di bawah harga pasar.



Kategori Penjual Berdasarkan Kemampuan Menentukan Harga Pasar

Ditinjau dari kemampuan untuk menentukan harga pasar, penjual dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis, yaitu:

Penjual Supermarginal

Penjual supermarginal adalah penjual yang mampu menentukan harga jual di bawah harga pasar. Penjual ini mampu mendapatkan premi dari produsen.

Penjual Marginal

Penjual marginal (batas) adalah penjual yang mampu menentukan harga subjektif yang sama dengan harga pasar.

Penjual Submarginal

Penjual submarginal adalah penjual yang mampu menentukan harga sebujektif-nya di atas harga pasar.


Catatan :

Golongan penjual supermarginal memperoleh premi yang disebut premi produsen. Sedangkan pembeli supermarginal memperoleh premi yang disebut premi konsumen.



Perbedaan Antara Premi Produsen dan Premi Konsumen

Premi Produsen

Premi produsen adalah keuntungan yang diterima produsen karena harga subjektifnya lebih rendah dari harga pasar atau kemampuan menjual di bawah harga pasar.

Premi konsumen

Premi konsumen adalah keuntungan yang diterima oleh konsumen, dikarenakan harga subjektifnya lebih tinggi dari harga pasar. Atau kemampuan membeli berada di atas harga pasar.